UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini dilaksanakan dengan pokok permasalahan pada rendahnya nilai kemampuan bercerita siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang tersusun dalam 3 siklus. Subjek dalam pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FEBRIYANTO , P.
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8781/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116567271669760
author FEBRIYANTO , P.
author_facet FEBRIYANTO , P.
author_sort FEBRIYANTO , P.
collection ePrints
description Penelitian ini dilaksanakan dengan pokok permasalahan pada rendahnya nilai kemampuan bercerita siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang tersusun dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) teknik wawancara mendalam; (2) observasi/ pengamatan; (3) teknik tes atau tugas; dan (4) teknik nontes berupa angket. Uji validitas yang digunakan adalah: triangulasi metode, sumber data, dan review informan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif, terdiri atas empat komponen yang mencakup komponen pengumpulan data dan tiga komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lain yang meliputi reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan belajar sebesar 60 yaitu: pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 6,00 dan 20 dari 36 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus II, nilai rerata siswa sebesar 7,5 dan 32 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus III, nilai rerata siswa sebesar 7.88 dan 32 siswa dinyatakan berhasil mencapai standar ketuntasan belajar. Simpulan dari penelitian yang dilakukan adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8781
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8781 https://eprints.ums.ac.id/8781/ UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010 FEBRIYANTO , P. L Education (General) Penelitian ini dilaksanakan dengan pokok permasalahan pada rendahnya nilai kemampuan bercerita siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang tersusun dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) teknik wawancara mendalam; (2) observasi/ pengamatan; (3) teknik tes atau tugas; dan (4) teknik nontes berupa angket. Uji validitas yang digunakan adalah: triangulasi metode, sumber data, dan review informan. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis interaktif, terdiri atas empat komponen yang mencakup komponen pengumpulan data dan tiga komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lain yang meliputi reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan belajar sebesar 60 yaitu: pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 6,00 dan 20 dari 36 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus II, nilai rerata siswa sebesar 7,5 dan 32 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus III, nilai rerata siswa sebesar 7.88 dan 32 siswa dinyatakan berhasil mencapai standar ketuntasan belajar. Simpulan dari penelitian yang dilakukan adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas 3 SDN Karangrejo 5 Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8781/1/A510070610.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8781/2/A510070610.pdf FEBRIYANTO , P. (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070610
spellingShingle L Education (General)
FEBRIYANTO , P.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN 05 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort upaya meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas iii sdn 05 karangrejo tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8781/
work_keys_str_mv AT febriyantop upayameningkatkanketerampilanberceritamenggunakanmetodekooperatiftipejigsawpadasiswakelasiiisdn05karangrejotahunajaran20092010