PENGGUNAAN TEKNIK JUMPING RABBIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI 01 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Latar belakang dari penelitian ini adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman konsep matematika terutama dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan. Berdasar dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian adalah, “Apakah dengan penggunaan teknik jumping rabbit dapat...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: SHOLEH, MUHAMMAD
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8780/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Latar belakang dari penelitian ini adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman konsep matematika terutama dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan. Berdasar dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian adalah, “Apakah dengan penggunaan teknik jumping rabbit dapat meningkatkan hasil belajar Matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas II SD Negeri 01 Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010? ” Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah untuk : meningkatkan hasil belajar Matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 01 Karanganyar melalui teknik jumping rabbit. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Karanganyar, Guru SDN 01 Karanganyar. Teknik pengumpulan data digunakan untuk mendapatkan keterangan yang berhubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 75 sangat rendah yaitu hanya 30 % dari 44 siswa, maka guru menggunakan teknik jumping rabbit untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dimana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I, siklus II dan siklus III untuk mendapatkan nilai ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik jumping rabbit diperoleh data, bahwa kondisi awal persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, anak yang mendapatkan nilai rata-rata 72,4 pada pembelajaran siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 75,5 meningkat sebesar 3%. Pada pembelajaran Siklus II persentase nilai rata-rata 79,5. Meningkat sebesar 4%. Sedang pada pembelajaran siklus III siswa mendapatkan nilai rata-rata 85,5. Meningkat sebesar 6%. Jadi penggunaan teknik jumping rabbit dapat meningkatkan hasil belajar matermatika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas II SD Negeri 01 Karanganyar pada tahun pelajaran 2009/2010.