UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010

Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widayanti, Ninik Ika
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8779/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116566743187456
author Widayanti, Ninik Ika
author_facet Widayanti, Ninik Ika
author_sort Widayanti, Ninik Ika
collection ePrints
description Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan pada siswa kelas II.C SD Negeri Cemara Dua No.13 Surakarta ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan yaitu metode pembelajaran out door study. Penelitian tindakan ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tindakan dalam tiap siklus dilakukan dengan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Cemara Dua No.13 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 51 siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8779
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8779 https://eprints.ums.ac.id/8779/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010 Widayanti, Ninik Ika L Education (General) Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan pada siswa kelas II.C SD Negeri Cemara Dua No.13 Surakarta ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan yaitu metode pembelajaran out door study. Penelitian tindakan ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tindakan dalam tiap siklus dilakukan dengan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Cemara Dua No.13 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 51 siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8779/1/A510070597.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8779/2/A510070597.pdf Widayanti, Ninik Ika (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070597
spellingShingle L Education (General)
Widayanti, Ninik Ika
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_full UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_short UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010
title_sort upaya peningkatan hasil belajar ipa tentang tumbuhan melalui metode pembelajaran out door study bagi siswa kelas ii di sd negeri cemara dua no 13 surakarta tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8779/
work_keys_str_mv AT widayantininikika upayapeningkatanhasilbelajaripatentangtumbuhanmelaluimetodepembelajaranoutdoorstudybagisiswakelasiidisdnegericemaraduano13surakartatahun20092010