UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR STUDY BAGI SISWA KELAS II DI SD NEGERI CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA TAHUN 2009/2010

Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: Widayanti, Ninik Ika
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/8779/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Pemilihan judul ini berdasarkan pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Tumbuhan, nilai rata-ratanya masih di berkisar 7,9. Pemahaman siswa terhadap tumbuhan yang sebenarnya juga masih sangat kurang. Melalui metode pembelajaran out door study diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mengatasi masalah yang ada dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan pada siswa kelas II.C SD Negeri Cemara Dua No.13 Surakarta ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan yaitu metode pembelajaran out door study. Penelitian tindakan ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Tindakan dalam tiap siklus dilakukan dengan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Cemara Dua No.13 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 51 siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran out door study dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang tumbuhan.