UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SDN 03 TAWANGSARI KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Latar belakang dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 pada pokok bahasan Pengukuran setelah dianalisis mempunyai hasil belajar yang rendah yaitu skor rata-rata dibawah 60 dan ketuntasan 25%. Kegagalan ini diduga karena media pembelaja...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8778/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Latar belakang dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 pada pokok bahasan Pengukuran setelah dianalisis mempunyai hasil belajar yang rendah yaitu skor rata-rata dibawah 60 dan ketuntasan 25%. Kegagalan ini diduga karena media pembelajaran yang kurang, penilaian guru terfokus pada aspek kognitif (mengingat dan menyebutkan) serta pada hasil akhir hanya berupa angka. Berdasar dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian adalah, ” Apakah melalui metode demonstrasi pada pembelajaran matematika tentang materi Pengukuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 03 Tawangsari tahun pelajaran 2009/2010?”.
Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah untuk : (1) Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran Matematika dengan metode Demonstrasi dan (2) Untuk mengetahui apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika tentang Pengukuran bagi siswa kelas III SDN 03 Tawangsari. Dengan anggapan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang Pengukuran pada siswa kelas III SDN 03 Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 maka guru dapat memanfaatkan hasil diskusi dan tes dalam rangka mengetahui peningkatan hasil belajar serta keaktifan siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal yaitu ketuntasan hanya 25 % dari 20 siswa, maka guru menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana data awal digunakan sebagai pembanding untuk mengetahui perkembangan dan peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan data sebagai kondisi awal persentase keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran 20%, pada pembelajaran siklus I sebesar 45%, , pada pembelajaran Siklus II sehingga persentase keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 75%. Namun Karena penulis merasa hasil penelitian ini masih kurang memuaskan maka dilanjutkan pada siklus III dengan hasil ketuntasan mencapai 85 % dan siswa yang memperoleh nilai diatas 75 sebanyak 85 %. Maka penelitian dianggap cukup dan membuktikan hipotesis awal bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika siswa pada pokok bahasan pengukuran
|
---|