MENINGKATKAN NILAI TES FORMATIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATH PELAJARAN IPA SEMESTER I PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BOTOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan nilai tes formatif IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 01 Botok melalui penerapan metode Index Card Math. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARDIYANTI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8777/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan nilai tes formatif IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 01 Botok melalui penerapan metode Index Card Math. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 01 Botok kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari nilai test formatif siswa kelas V SD Negeri 01 Botok setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan penelitian tindakan. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa maka dari 23 siswa pada siklus I yang belum tuntas ada 57 %, siklus II yang belum tuntas menurun menjadi 32 % sedangkan siklus III 0 %. Atau pada siklus I yang belum tuntas ada 13 siswa, siklus II yang belum tuntas ada 7 siswa, sedangkan proses pembelajaran siklus III secara keseluruhan yakni 23 siswa telah tuntas. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode index card math dapat meningkatkan nilai test formatif siswa pada SD Negeri 01 Botok kecamatan Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2009 /2010