PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto, pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Variabel yang menjadi sasaran pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mardiyono , Mardiyono
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8776/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116565958852608
author Mardiyono , Mardiyono
author_facet Mardiyono , Mardiyono
author_sort Mardiyono , Mardiyono
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto, pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sedangkan alat peraga pembelajaran yang digunakan adalah alat peraga permainan kartu bilangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kuto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta perbandingan hasil belajar yang dicapai siswa tiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kartu bilangan dapat mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8776
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8776 https://eprints.ums.ac.id/8776/ PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR Mardiyono , Mardiyono L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto, pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sedangkan alat peraga pembelajaran yang digunakan adalah alat peraga permainan kartu bilangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kuto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta perbandingan hasil belajar yang dicapai siswa tiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kartu bilangan dapat mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8776/1/A510070578.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8776/2/A510070578.pdf Mardiyono , Mardiyono (2010) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070578
spellingShingle L Education (General)
Mardiyono , Mardiyono
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title_full PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title_fullStr PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title_short PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR
title_sort pengembangan kemampuan pemahaman berhitung pecahan melalui penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan pada siswa kelas iv sdn 01 kuto kecamatan kerjo kabupaten karanganyar
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8776/
work_keys_str_mv AT mardiyonomardiyono pengembangankemampuanpemahamanberhitungpecahanmelaluipenggunaanalatperagapermainankartubilanganpadasiswakelasivsdn01kutokecamatankerjokabupatenkaranganyar