PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERHITUNG PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 01 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto, pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Variabel yang menjadi sasaran pe...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Mardiyono , Mardiyono
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8776/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan alat peraga permainan kartu bilangan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto, pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sedangkan alat peraga pembelajaran yang digunakan adalah alat peraga permainan kartu bilangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kuto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta perbandingan hasil belajar yang dicapai siswa tiap siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kartu bilangan dapat mengembangkan kemampuan pemahaman berhitung siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Pecahan.