UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang b...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: KUSMIYATUN , TITIK
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/8774/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804994647214260224
author KUSMIYATUN , TITIK
author_facet KUSMIYATUN , TITIK
author_sort KUSMIYATUN , TITIK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. . Hasil analisis datanya adalah : perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 03 Kuto selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,65 pada pra siklus menjadi 6,907 pada siklus I, 7, 181 pada siklus II dan 7.554 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8774
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8774 https://eprints.ums.ac.id/8774/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010 KUSMIYATUN , TITIK L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. . Hasil analisis datanya adalah : perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 03 Kuto selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,65 pada pra siklus menjadi 6,907 pada siklus I, 7, 181 pada siklus II dan 7.554 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8774/1/A510070569.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8774/2/A510070569.pdf KUSMIYATUN , TITIK (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A.510070569
spellingShingle L Education (General)
KUSMIYATUN , TITIK
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode role playing pada siswa kelas iii sekolah dasar negeri 03 kuto kecamatan kerjo kabupaten karanganyar semester i 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8774/
work_keys_str_mv AT kusmiyatuntitik upayameningkatkanhasilbelajarpendidikankewarganegaraanmelaluimetoderoleplayingpadasiswakelasiiisekolahdasarnegeri03kutokecamatankerjokabupatenkaranganyarsemesteri20092010