UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang b...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: KUSMIYATUN , TITIK
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8774/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III semester I Sekolah Dasar Negeri 03 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD 03 KUTO yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. . Hasil analisis datanya adalah : perolehan nilai siswa kelas III SD Negeri 03 Kuto selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,65 pada pra siklus menjadi 6,907 pada siklus I, 7, 181 pada siklus II dan 7.554 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.