PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Memaparkan penerapan metode Number Sense sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSTINI , KUSTINI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8772/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994646675292160
author KUSTINI , KUSTINI
author_facet KUSTINI , KUSTINI
author_sort KUSTINI , KUSTINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Memaparkan penerapan metode Number Sense sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang diukur dari keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Number Sense pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Keaktifan yang dimaksud meliputi empat aspek yaitu : (1) aktif bertanya, (2) aktif menjawab pertanyaan, (3) aktif mengerjakan soal kedepan, dan (4) aktif berpendapat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8772
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8772 https://eprints.ums.ac.id/8772/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 KUSTINI , KUSTINI L Education (General) Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Memaparkan penerapan metode Number Sense sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang diukur dari keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Number Sense pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Keaktifan yang dimaksud meliputi empat aspek yaitu : (1) aktif bertanya, (2) aktif menjawab pertanyaan, (3) aktif mengerjakan soal kedepan, dan (4) aktif berpendapat. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8772/1/A510070562.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8772/2/A510070562.pdf KUSTINI , KUSTINI (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070562
spellingShingle L Education (General)
KUSTINI , KUSTINI
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_short PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_sort peningkatan motivasi belajar matematika melalui metode number sense pada siswa kelas i sd negeri palur 02 kec mojolaban kab sukoharjo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8772/
work_keys_str_mv AT kustinikustini peningkatanmotivasibelajarmatematikamelaluimetodenumbersensepadasiswakelasisdnegeripalur02kecmojolabankabsukoharjotahunpelajaran20092010