PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBER SENSE PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PALUR 02 KEC. MOJOLABAN KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Memaparkan penerapan metode Number Sense sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSTINI , KUSTINI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8772/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Memaparkan penerapan metode Number Sense sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan prestasi belajar yang diukur dari keaktifan siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode Number Sense pada siswa kelas I SD Negeri Palur 02. Keaktifan yang dimaksud meliputi empat aspek yaitu : (1) aktif bertanya, (2) aktif menjawab pertanyaan, (3) aktif mengerjakan soal kedepan, dan (4) aktif berpendapat.