PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pel...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: SRI WAHYUTI , RITA
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/8771/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
_version_ 1804994595116810240
author SRI WAHYUTI , RITA
author_facet SRI WAHYUTI , RITA
author_sort SRI WAHYUTI , RITA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPS tentang Keragaman kenampakan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Penigkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 25 siswa masih terdapat 15 siswa belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 13 siswa atau atau 53%, siklus II terdapat 6 siswa atau 24 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching model peta konsep secara klasikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangrejo ahun pelajaran 2009 /2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8771
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8771 https://eprints.ums.ac.id/8771/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 SRI WAHYUTI , RITA L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPS tentang Keragaman kenampakan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Penigkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 25 siswa masih terdapat 15 siswa belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 13 siswa atau atau 53%, siklus II terdapat 6 siswa atau 24 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching model peta konsep secara klasikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangrejo ahun pelajaran 2009 /2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8771/1/A510070554.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8771/2/A510070554.pdf SRI WAHYUTI , RITA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070554
spellingShingle L Education (General)
SRI WAHYUTI , RITA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort penerapan model pembelajaran quantum teaching melalui peta konsep secara klasikal dalam meningkatkan hasil belajar ips tentang keragaman kenampakan alam kelas v semester i sdn 03 karangrejo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8771/
work_keys_str_mv AT sriwahyutirita penerapanmodelpembelajaranquantumteachingmelaluipetakonsepsecaraklasikaldalammeningkatkanhasilbelajaripstentangkeragamankenampakanalamkelasvsemesterisdn03karangrejotahunpelajaran20092010