PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pel...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tesis |
Lenguaje: | English English |
Publicado: |
2010
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://eprints.ums.ac.id/8771/ |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
_version_ | 1804994595116810240 |
---|---|
author | SRI WAHYUTI , RITA |
author_facet | SRI WAHYUTI , RITA |
author_sort | SRI WAHYUTI , RITA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPS tentang Keragaman kenampakan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Penigkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 25 siswa masih terdapat 15 siswa belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 13 siswa atau atau 53%, siklus II terdapat 6 siswa atau 24 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching model peta konsep secara klasikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangrejo ahun pelajaran 2009 /2010.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8771 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8771 https://eprints.ums.ac.id/8771/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 SRI WAHYUTI , RITA L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPS tentang Keragaman kenampakan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Penigkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 25 siswa masih terdapat 15 siswa belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 13 siswa atau atau 53%, siklus II terdapat 6 siswa atau 24 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching model peta konsep secara klasikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangrejo ahun pelajaran 2009 /2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8771/1/A510070554.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8771/2/A510070554.pdf SRI WAHYUTI , RITA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070554 |
spellingShingle | L Education (General) SRI WAHYUTI , RITA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | penerapan model pembelajaran quantum teaching melalui peta konsep secara klasikal dalam meningkatkan hasil belajar ips tentang keragaman kenampakan alam kelas v semester i sdn 03 karangrejo tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8771/ |
work_keys_str_mv | AT sriwahyutirita penerapanmodelpembelajaranquantumteachingmelaluipetakonsepsecaraklasikaldalammeningkatkanhasilbelajaripstentangkeragamankenampakanalamkelasvsemesterisdn03karangrejotahunpelajaran20092010 |