UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG LEMBAGA DALAM PEMERINTAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CHART PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUMBEREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang lembaga dalam pemerintahan melalui penggunaan media chart pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberejo yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tigas siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: PURWANINGSIH, SRI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8767/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang lembaga dalam pemerintahan melalui penggunaan media chart pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberejo yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tigas siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Sumberejo, jenis data berupa pemahaman tentang penggunaan media chart. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang penggunaan media chart. Hasil analisis datanya adalah : uraian di atas baik secara teoritis maupun dari pengamatan pada proses belajar mengajar yang telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 01 Sumberejo, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Alat peraga chart berperanan dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 01 Sumberejo semester I tahun pelajaran 2009/2010. Hal tersebut dibuktikan karena siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kreatif dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas serta prestasi hasil belajarnya meningkat. Hal tersebut dimungkinkan karena penggunaan alat peraga chart lebih sistematis, dan mudah dipahami. Media pengajaran khususnya alat peraga chart dapat membantu guru untuk melaksanakan tugas mengajar dengan lebih baik dan lebih komunikatif. Adapun berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan prestasi belajar.