UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri 04 Karangrejo Kecamatan Kerjo melalui penerapan metode eksperimen. (2) untuk mengetahui prestasi belajar IPA tentang perubahan wujud zat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karngrejo semester I...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, OKKY KARTIKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116565425127424
author SARI, OKKY KARTIKA
author_facet SARI, OKKY KARTIKA
author_sort SARI, OKKY KARTIKA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri 04 Karangrejo Kecamatan Kerjo melalui penerapan metode eksperimen. (2) untuk mengetahui prestasi belajar IPA tentang perubahan wujud zat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karngrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010. (3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasr Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 dalam penerapan metode peksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari tiga tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo. Jenis data berupa pemahaman tentang perubahan wujud zat. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM berjumlah 11 siswa atau 57,89 % dari jumlah seluruh siswa. Pada silus II siswa yang mndapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 13 siswa atau 68,42 % dari jumlah seluruh siswa, Sedangkan pada siklus III siswa yang mendapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 17 siswa atau 89,47 % dari jumlah seluruh siswa. Hal ini mengidikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran perubahan wujud zat dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode eksperimen membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8766
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8766 https://eprints.ums.ac.id/8766/ UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010 SARI, OKKY KARTIKA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri 04 Karangrejo Kecamatan Kerjo melalui penerapan metode eksperimen. (2) untuk mengetahui prestasi belajar IPA tentang perubahan wujud zat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karngrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010. (3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasr Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 dalam penerapan metode peksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari tiga tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo. Jenis data berupa pemahaman tentang perubahan wujud zat. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM berjumlah 11 siswa atau 57,89 % dari jumlah seluruh siswa. Pada silus II siswa yang mndapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 13 siswa atau 68,42 % dari jumlah seluruh siswa, Sedangkan pada siklus III siswa yang mendapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 17 siswa atau 89,47 % dari jumlah seluruh siswa. Hal ini mengidikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran perubahan wujud zat dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode eksperimen membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8766/1/A510070535.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8766/2/A510070535.pdf SARI, OKKY KARTIKA (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070535
spellingShingle L Education (General)
SARI, OKKY KARTIKA
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort upaya meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam tentang perubahan wujud zat menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas iv sekolah dasar negeri 04 karangrejo kecamatan kerjo kabupaten karanganyar semester i tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8766/
work_keys_str_mv AT sariokkykartika upayameningkatkanprestasibelajarilmupengetahuanalamtentangperubahanwujudzatmenggunakanmetodeeksperimenpadasiswakelasivsekolahdasarnegeri04karangrejokecamatankerjokabupatenkaranganyarsemesteritahunpelajaran20092010