IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: H A R N I , H A R N I
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8760/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116564104970240
author H A R N I , H A R N I
author_facet H A R N I , H A R N I
author_sort H A R N I , H A R N I
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kualitatif dengan metode penelitian kooperatif tipe STAD. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V sebanyak 21 siswa SD Negeri Sumber VI No.255 Banjarsari, Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar sistem pernafasan ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil capaian prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran tipe STAD yaitu : Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata – rata 65,23 ; setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I diperoleh rata – rata 68,09 ; pada siklus II 72,14 ; sedangkan pada siklus III 75,95. Secara individual, jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal juga mengalami peningkatan hingga mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa : Pembelajaran dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Organ Pernafasan Manusia pada siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No.255 Kecamatan Banjarsari, Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 , dapat dibuktikan kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8760
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8760 https://eprints.ums.ac.id/8760/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 H A R N I , H A R N I L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kualitatif dengan metode penelitian kooperatif tipe STAD. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V sebanyak 21 siswa SD Negeri Sumber VI No.255 Banjarsari, Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar sistem pernafasan ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil capaian prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran tipe STAD yaitu : Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata – rata 65,23 ; setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I diperoleh rata – rata 68,09 ; pada siklus II 72,14 ; sedangkan pada siklus III 75,95. Secara individual, jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal juga mengalami peningkatan hingga mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa : Pembelajaran dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Organ Pernafasan Manusia pada siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No.255 Kecamatan Banjarsari, Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 , dapat dibuktikan kebenarannya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8760/1/A510070521.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8760/2/A510070521.pdf H A R N I , H A R N I (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070521
spellingShingle L Education (General)
H A R N I , H A R N I
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
title_sort implementasi pembelajaran kooperatif tipe stad student team achievement division untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas v sekolah dasar negeri sumber vi no 255 kecamatan banjarsari surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8760/
work_keys_str_mv AT harniharni implementasipembelajarankooperatiftipestadstudentteamachievementdivisionuntukmeningkatkanhasilbelajarpadamatapelajaranilmupengetahuanalamkelasvsekolahdasarnegerisumbervino255kecamatanbanjarsarisurakartatahunpelajaran20092010