IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER VI NO.255 KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: H A R N I , H A R N I
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8760/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No. 255 Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kualitatif dengan metode penelitian kooperatif tipe STAD. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V sebanyak 21 siswa SD Negeri Sumber VI No.255 Banjarsari, Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar sistem pernafasan ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil capaian prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran tipe STAD yaitu : Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata – rata 65,23 ; setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I diperoleh rata – rata 68,09 ; pada siklus II 72,14 ; sedangkan pada siklus III 75,95. Secara individual, jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan minimal juga mengalami peningkatan hingga mencapai 100% pada siklus III. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa : Pembelajaran dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Organ Pernafasan Manusia pada siswa Kelas V Semester I Sekolah Dasar Negeri Sumber VI No.255 Kecamatan Banjarsari, Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 , dapat dibuktikan kebenarannya.