PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN METODE KUMON KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PANDEYAN KECAMATAN TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode kumon pada siswa kelas I SDN 01 Pandeyan. 2) Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui metode kumon...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: SUHARNI , SUHARNI
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
Wydane: 2010
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/8759/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
Opis
Streszczenie:Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode kumon pada siswa kelas I SDN 01 Pandeyan. 2) Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui metode kumon. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dimana permasalahan itu muncul dari kelas yang dihadapi peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan keakuratan data dalam penelitian. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, yaitu keberhasilan pelaksanaan, tindakan yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode kumon dalam pembelajaran matematika kelas I dapat meningkatkan (a) Hasil belajar matematika siswa meningkat, (b) Rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 80,95, (c) Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 93 %. 2) Penerapan metode kumon dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan berbagai metode yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.