PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PENERAPAN METODE KUMON KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PANDEYAN KECAMATAN TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode kumon pada siswa kelas I SDN 01 Pandeyan. 2) Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui metode kumon...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: SUHARNI , SUHARNI
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
Argitaratua: 2010
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/8759/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 01 Pandeyan. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode kumon pada siswa kelas I SDN 01 Pandeyan. 2) Meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui metode kumon. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dimana permasalahan itu muncul dari kelas yang dihadapi peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan keakuratan data dalam penelitian. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, yaitu keberhasilan pelaksanaan, tindakan yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode kumon dalam pembelajaran matematika kelas I dapat meningkatkan (a) Hasil belajar matematika siswa meningkat, (b) Rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 80,95, (c) Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 93 %. 2) Penerapan metode kumon dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan berbagai metode yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.