PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Pene...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUWARTI, SUWARTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8757/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994646404759552
author SUWARTI, SUWARTI
author_facet SUWARTI, SUWARTI
author_sort SUWARTI, SUWARTI
collection ePrints
description Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas II serta kepala sekolah SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pokok bahasan sifat zat, (2) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok sifat zat, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat zat pada siswa kelas II SD Negeri 02 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8757
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8757 https://eprints.ums.ac.id/8757/ PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010 SUWARTI, SUWARTI L Education (General) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas II serta kepala sekolah SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pokok bahasan sifat zat, (2) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok sifat zat, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat zat pada siswa kelas II SD Negeri 02 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8757/1/A510070507.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8757/2/A510070507.pdf SUWARTI, SUWARTI (2010) PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070507
spellingShingle L Education (General)
SUWARTI, SUWARTI
PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title_full PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title_fullStr PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title_short PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010
title_sort pendekatan kontekstual melalui alat peraga riil dalam pembelajaran ipa untuk peningkatan pengetahuan siswa tentang sifat benda siswa kelas ii sdn 02 jatiharjo jatipuro tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8757/
work_keys_str_mv AT suwartisuwarti pendekatankontekstualmelaluialatperagariildalampembelajaranipauntukpeningkatanpengetahuansiswatentangsifatbendasiswakelasiisdn02jatiharjojatipurotahun20092010