PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Pene...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUWARTI, SUWARTI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8757/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas II serta kepala sekolah SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pokok bahasan sifat zat, (2) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok sifat zat, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat zat pada siswa kelas II SD Negeri 02 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar.