PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Pene...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: SUWARTI, SUWARTI
Formato: Tese
Idioma:English
English
Publicado em: 2010
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/8757/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas II serta kepala sekolah SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pokok bahasan sifat zat, (2) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok sifat zat, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat zat pada siswa kelas II SD Negeri 02 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar.