UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 01 KARANG KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II SDN 01 Karang terhadap materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari du...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNI , WAHYUNI
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8756/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II SDN 01 Karang terhadap materi energi bunyi pada mata pelajaran IPA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Karang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Karang pada materi energi bunyi yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dari 58,63 sebelum siklus menjadi 68 pada siklus I dan 73 pada siklus II dengan menerapkan pendekatan metode eksperimen.