PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SDN Pandean 02 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingaa metode yang digunakan dalam penelitian ini ada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gayatri , Ikha Dewi Dyah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994645865791488
author Gayatri , Ikha Dewi Dyah
author_facet Gayatri , Ikha Dewi Dyah
author_sort Gayatri , Ikha Dewi Dyah
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SDN Pandean 02 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingaa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode proses. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, observasi dan interpretasi ,analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 tahun 2009/2010 yang terdiri dari 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara melaksanakan test untuk mengukur prestasi belajar PKn dan observasi/pengamatan langsung di kelas dalam pembelajaran dengan metode simulasi. Dalam pelaksanaanya setiap siklus diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan prestasi rata-rata pembelajaran siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dari 62,85 pada siklus I menjadi 68 Pada siklus II dan menjadi 73 pada siklus III. Berdasarkan data di atas maka dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 Tahun 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8755
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8755 https://eprints.ums.ac.id/8755/ PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Gayatri , Ikha Dewi Dyah L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VI SDN Pandean 02 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sehingaa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode proses. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, observasi dan interpretasi ,analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 tahun 2009/2010 yang terdiri dari 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara melaksanakan test untuk mengukur prestasi belajar PKn dan observasi/pengamatan langsung di kelas dalam pembelajaran dengan metode simulasi. Dalam pelaksanaanya setiap siklus diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan prestasi rata-rata pembelajaran siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dari 62,85 pada siklus I menjadi 68 Pada siklus II dan menjadi 73 pada siklus III. Berdasarkan data di atas maka dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Simulasi dapat meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pandean 02 Tahun 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8755/1/A510070501.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8755/2/A510070501.pdf Gayatri , Ikha Dewi Dyah (2010) PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070501
spellingShingle L Education (General)
Gayatri , Ikha Dewi Dyah
PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn TENTANG NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA PADA SISWA KELAS VI SDN PANDEAN 02 KEC. GROGOL KAB. SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengunaan metode simulasi untuk meningkatkan prestasi belajar pkn tentang nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas vi sdn pandean 02 kec grogol kab sukoharjo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8755/
work_keys_str_mv AT gayatriikhadewidyah pengunaanmetodesimulasiuntukmeningkatkanprestasibelajarpkntentangnilaijuangdalamprosesperumusanpancasilasebagaidasarnegarapadasiswakelasvisdnpandean02kecgrogolkabsukoharjotahunpelajaran20092010