PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Ngwaru tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) untuk me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPARTINI , SUPARTINI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8754/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994594843131904
author SUPARTINI , SUPARTINI
author_facet SUPARTINI , SUPARTINI
author_sort SUPARTINI , SUPARTINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Ngwaru tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) untuk memberikan solusi atas permasalahan nyata yang ada di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 3 tindakan yang berulang atau siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan yang berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Ngwaru tahun pelajaran 2009/2010. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keaktifan siswa diukur dengan angket dan observasi sedangkan motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan ini adalah penerapan pembelajaran metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8754
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8754 https://eprints.ums.ac.id/8754/ PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010) SUPARTINI , SUPARTINI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Ngwaru tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) untuk memberikan solusi atas permasalahan nyata yang ada di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 3 tindakan yang berulang atau siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan yang berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi untuk merencanakan tindakan berikutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Ngwaru tahun pelajaran 2009/2010. Data diperoleh dari kajian dokumen, observasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keaktifan siswa diukur dengan angket dan observasi sedangkan motivasi belajar diukur dengan menggunakan angket. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan ini adalah penerapan pembelajaran metode Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8754/1/A510070500.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8754/2/A510070500.pdf SUPARTINI , SUPARTINI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070500
spellingShingle L Education (General)
SUPARTINI , SUPARTINI
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar penelitian tindakan kelas pada siswa kelas v mim ngwaru plosorejo matesih tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8754/
work_keys_str_mv AT supartinisupartini penerapanpembelajarankooperatifthinkpairshareuntukmeningkatkankeaktifandanmotivasibelajarpenelitiantindakankelaspadasiswakelasvmimngwaruplosorejomatesihtahunajaran20092010