UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah masalah lemahnya Pembelajaran. anak hanya sebagai obyek saja pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8750/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116563582779392
author MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
author_facet MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
author_sort MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
collection ePrints
description Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah masalah lemahnya Pembelajaran. anak hanya sebagai obyek saja pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok, Mojogedang, Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode Mind Map. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu klsifikasi data, sajian data, evaluasi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan siklus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang Sumber daya alam setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan metode Mind Map. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 63,46 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 68,85 dan pada siklus III mencapai 80,38. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8750
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8750 https://eprints.ums.ac.id/8750/ UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN L Education (General) Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah masalah lemahnya Pembelajaran. anak hanya sebagai obyek saja pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok, Mojogedang, Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode Mind Map. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu klsifikasi data, sajian data, evaluasi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan siklus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang Sumber daya alam setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan metode Mind Map. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 63,46 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 68,85 dan pada siklus III mencapai 80,38. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8750/1/A510070486.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8750/2/A510070486.pdf MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN (2010) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070486
spellingShingle L Education (General)
MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title_full UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title_fullStr UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title_short UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR
title_sort upaya meningkatan hasil belajar ipa pokok bahasan sumber daya alam melalui metode mind map petakonsep pada siswa kelas iv sdn 02 pojok kecamatan mojogedang kabupaten karanganyar
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8750/
work_keys_str_mv AT miftahudinmiftahudin upayameningkatanhasilbelajaripapokokbahasansumberdayaalammelaluimetodemindmappetakonseppadasiswakelasivsdn02pojokkecamatanmojogedangkabupatenkaranganyar