UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE MIND MAP (PETAKONSEP) PADA SISWA KELAS IV SDN 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah masalah lemahnya Pembelajaran. anak hanya sebagai obyek saja pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah....

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: MIFTAHUDIN , MIFTAHUDIN
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/8750/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar adalah masalah lemahnya Pembelajaran. anak hanya sebagai obyek saja pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas anak dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok, Mojogedang, Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode Mind Map. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pencatatan arsip, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai empat buah komponen yaitu klsifikasi data, sajian data, evaluasi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan siklus untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar IPA tentang Sumber daya alam setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan metode Mind Map. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I niai rata-rata siswa 63,46 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 68,85 dan pada siklus III mencapai 80,38. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar.