PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, stra...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English |
Gepubliceerd in: |
2010
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/8749/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
_version_ | 1804116563320635392 |
---|---|
author | WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH |
author_facet | WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH |
author_sort | WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah keterampilan mengarang siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dalam mengarang dengan model mind mapping. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis.
Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui model Mind Mapping terbukti nilai siswa sudah mencapai KKM. Observasi awal 10 siswa dari 21 siswa (47,65%) dengan rata-rata 65,19, siklus I 16 siswa dari 21 siswa (76,19%) dengan rata-rata 72,86 dan siklus II 21 siswa dari 21 siswa (100%) dengan rata-rata 81,38.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8749 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8749 https://eprints.ums.ac.id/8749/ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah keterampilan mengarang siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dalam mengarang dengan model mind mapping. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui model Mind Mapping terbukti nilai siswa sudah mencapai KKM. Observasi awal 10 siswa dari 21 siswa (47,65%) dengan rata-rata 65,19, siklus I 16 siswa dari 21 siswa (76,19%) dengan rata-rata 72,86 dan siklus II 21 siswa dari 21 siswa (100%) dengan rata-rata 81,38. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8749/1/A510070485.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8749/2/A510070485.pdf WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070485 |
spellingShingle | L Education (General) WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title_full | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title_fullStr | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title_short | PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR |
title_sort | peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan model mind mapping pada siswa kelas iv sd muhammadiyah i tegalgede karanganyar |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8749/ |
work_keys_str_mv | AT wahyuningsihwahyuningsih peningkatanketerampilanmengarangdalampembelajaranbahasaindonesiadenganmodelmindmappingpadasiswakelasivsdmuhammadiyahitegalgedekaranganyar |