PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGARANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH I TEGALGEDE KARANGANYAR

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, stra...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8749/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah keterampilan mengarang siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Tegalgede Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dalam mengarang dengan model mind mapping. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui model Mind Mapping terbukti nilai siswa sudah mencapai KKM. Observasi awal 10 siswa dari 21 siswa (47,65%) dengan rata-rata 65,19, siklus I 16 siswa dari 21 siswa (76,19%) dengan rata-rata 72,86 dan siklus II 21 siswa dari 21 siswa (100%) dengan rata-rata 81,38.