PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM Ngwaru melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARSITI , WARSITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8748/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116563058491392
author WARSITI , WARSITI
author_facet WARSITI , WARSITI
author_sort WARSITI , WARSITI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM Ngwaru melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MIM Ngwaru dan subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan yang diukur melalui indikator pemahaman sebagai berikut : a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan diawal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (77%), b) kemampuan menjelaskan materi pecahan di awal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (83%), c) kemampuan mengerjakan soal diawal tindakan (66%) dan diakhir tindakan (77%), d) kemampuan siswa dalam memberi contoh soal diawal tindakan (55%) dan di akhir tindakan (72%), e) keberanian siswa dalam bertanya diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (72%), f) kemampuan siswa dalam membedakan pecahan diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (77%), g) kemampuan siswa dalam menulis kembali diawal tindakan (83%) dan diakhir tindakan (94%), h) kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (83%), i) jumlah siswa yang tuntas dalam belajar diawal tindakan ( 61% ) dan diakhir tindakan ( 94% ). Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV MIM Ngwaru Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8748
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8748 https://eprints.ums.ac.id/8748/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010 WARSITI , WARSITI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM Ngwaru melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MIM Ngwaru dan subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan yang diukur melalui indikator pemahaman sebagai berikut : a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan diawal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (77%), b) kemampuan menjelaskan materi pecahan di awal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (83%), c) kemampuan mengerjakan soal diawal tindakan (66%) dan diakhir tindakan (77%), d) kemampuan siswa dalam memberi contoh soal diawal tindakan (55%) dan di akhir tindakan (72%), e) keberanian siswa dalam bertanya diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (72%), f) kemampuan siswa dalam membedakan pecahan diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (77%), g) kemampuan siswa dalam menulis kembali diawal tindakan (83%) dan diakhir tindakan (94%), h) kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (83%), i) jumlah siswa yang tuntas dalam belajar diawal tindakan ( 61% ) dan diakhir tindakan ( 94% ). Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV MIM Ngwaru Tahun Pelajaran 2009 / 2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8748/1/A510070484.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8748/2/A510070484.pdf WARSITI , WARSITI (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070484
spellingShingle L Education (General)
WARSITI , WARSITI
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan pemahaman konsep pecahan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik ptk kelas iv mim ngwaru plosorejo matesih tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8748/
work_keys_str_mv AT warsitiwarsiti peningkatanpemahamankonseppecahanmelaluipendekatanpembelajaranmatematikarealistikptkkelasivmimngwaruplosorejomatesihtahunpelajaran20092010