PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK KELAS IV MIM NGWARU PLOSOREJO MATESIH ) TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM Ngwaru melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARSITI , WARSITI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8748/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM Ngwaru melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MIM Ngwaru dan subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan yang diukur melalui indikator pemahaman sebagai berikut : a) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan diawal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (77%), b) kemampuan menjelaskan materi pecahan di awal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (83%), c) kemampuan mengerjakan soal diawal tindakan (66%) dan diakhir tindakan (77%), d) kemampuan siswa dalam memberi contoh soal diawal tindakan (55%) dan di akhir tindakan (72%), e) keberanian siswa dalam bertanya diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (72%), f) kemampuan siswa dalam membedakan pecahan diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (77%), g) kemampuan siswa dalam menulis kembali diawal tindakan (83%) dan diakhir tindakan (94%), h) kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (83%), i) jumlah siswa yang tuntas dalam belajar diawal tindakan ( 61% ) dan diakhir tindakan ( 94% ). Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV MIM Ngwaru Tahun Pelajaran 2009 / 2010.