PENGGUNAAN ALAT PERAGA RIIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 01 KEBAK JUMANTONO

Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Siswa merasa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga siswa cenderung diam dan kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran matemati...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUMIYATI , EKO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8746/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Siswa merasa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga siswa cenderung diam dan kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran matematika justru menjadi penghambat dalam pencapaian pemahaman siswa terhadap suatu konsep yang berdampak pada prestasi belajar matematika siswa yang kurang maksimal. Penggunaan alat peraga riil diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, karena dengan menggunakan alat peraga riil siswa akan disuguhkan kepada keadaan atau realita sehari-hari, sehingga siswa merasa proses pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Selain itu penggunaan alat peraga benda riil diharapkan mampu menggugah minat siswa untuk senantiasa belajar matematika, khususnya dengan mengkaitkan benda-benda yang ada di sekitar lingkugan siswa sebagai bahan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran menggunakan alat peraga riil mampu meningkatkan pemahaman siswa. keaktifan siswa, ketrampilan siswa dalam mengerjakan soal dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 01 Kebak Jumantono Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pembelajaran menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan pemahman siswa tentang pokok bahasan waktu pada siswa kelas II SD Negeri 01 Kebak Jumantono Karanganyar, (2) tindakan perbaikan menggunakan pembelajaran menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas II SD Negeri 01 Kebak Jumantono Karanganyar, (3) tindakan perbaikan menggunakan pembelajaran menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok bahasan waktu pada siswa kelas II SD Negeri 01 Kebak Jumantono Karanganyar, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pembelajaran menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan waktu pada siswa kelas II SD Negeri 01 Kebak Jumantono Karanganyar.