MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dengan menggunakan pembelajaran coop...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURANTO, SURANTO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8745/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116562263670784
author SURANTO, SURANTO
author_facet SURANTO, SURANTO
author_sort SURANTO, SURANTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Sringin, Guru SDN 01 Sringin khususnya dan guru mata pelajaran IPS pada umumnya, serta siswa sebagai objek peneliti. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 70 sangat rendah yaitu hanya 9 siswa atau 45 % dari 20 siswa, maka guru menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di mana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I, dan siklus II untuk mendapatkan ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw leraning oleh guru diperoleh data bahwa kondisi awal persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran anak mendapat nilai rata-rata 63 pada pembelajaran siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68, meningkat sebesar 20 %.Pada siklus II persentasi guru dalam mengelola pembelajaran adalah dengan nilai rata-rata 78, meningkat sebesar 35 %. Jadi penggunaan pembelajaran cooperatif jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Sringin pada tahun pelajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8745
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8745 https://eprints.ums.ac.id/8745/ MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010 SURANTO, SURANTO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar IPS tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa-peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 01 Sringin, Guru SDN 01 Sringin khususnya dan guru mata pelajaran IPS pada umumnya, serta siswa sebagai objek peneliti. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 70 sangat rendah yaitu hanya 9 siswa atau 45 % dari 20 siswa, maka guru menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di mana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I, dan siklus II untuk mendapatkan ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran cooperatif jigsaw leraning oleh guru diperoleh data bahwa kondisi awal persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran anak mendapat nilai rata-rata 63 pada pembelajaran siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68, meningkat sebesar 20 %.Pada siklus II persentasi guru dalam mengelola pembelajaran adalah dengan nilai rata-rata 78, meningkat sebesar 35 %. Jadi penggunaan pembelajaran cooperatif jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Sringin pada tahun pelajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8745/1/A510070475.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8745/2/A510070475.pdf SURANTO, SURANTO (2010) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070475
spellingShingle L Education (General)
SURANTO, SURANTO
MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title_full MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title_fullStr MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title_full_unstemmed MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title_short MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN COOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 01 SRINGIN KECAMATAN JUMANTONO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009 / 2010
title_sort meningkatkan pembelajaran ips melalui pendekatan cooperatif dengan metode jigsaw pada siswa kelas iv sdn 01 sringin kecamatan jumantono kabupaten karanganyar tahun 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8745/
work_keys_str_mv AT surantosuranto meningkatkanpembelajaranipsmelaluipendekatancooperatifdenganmetodejigsawpadasiswakelasivsdn01sringinkecamatanjumantonokabupatenkaranganyartahun20092010