PENGGUNAAN PERMAINAN TEBAK KATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 DAWUNG KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan Hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Dawung melalui permainan Tebak Kata; (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan Keaktifan belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Dawung melalui permainan T...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARGANINGSIH , DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8744/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya peningkatan Hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Dawung melalui permainan Tebak Kata; (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan Keaktifan belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Dawung melalui permainan Tebak Kata; (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan Kreatifitas belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD N 02 Dawung melalui permainan Tebak Kata. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, soal tes , kartu tebak kata, serta daftar nilai kelas IV SD N 02 Dawung. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 65 adalah 50%, pada siklus I pada nilai tugas meningkat menjadi 66,67%, keaktifan dan kreatifitas belajar siswa 41,67% dan 50 %. Pada siklus II hasil belajar menjadi 83,33% keaktifan belajar 75% kreatifitas belajar 75%. Pada siklus III mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 85 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, tingkat hasil belajar siswa mencapai 91,67%, 100% siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan 100% siswa mampu meningkatkan kreatifitasnya. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan permainan tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Permainan tebak kata dapat meningkatkan keaktifan belajar; (3) Permainan tebak kata dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas IV SD N 02 Dawung tahun 2009/2010.