VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO

Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIYANTI , SRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8743/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116561740431360
author WIYANTI , SRI
author_facet WIYANTI , SRI
author_sort WIYANTI , SRI
collection ePrints
description Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV jika dilaksanakan variasi pengelolaan kelas yang baik yang mampu mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Tiap satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data secara deskriptif dan kualitaif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah prosentase tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas adalah 37 % pada siklus I, 66 % pada siklus II, dan 84 % pada siklus III. Prosentase motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran 30 % pada siklus I, 61 % pada siklus II dan 77 % pada siklus III. Dari nilai rata-rata kemampuan siswa sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 45,5. Nilai rata-rata siswa setelah dilakukan tindakan adalah 57,4 pada siklus I, 68,6 pada siklus II dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 78,5. Berdasarka hasil penelitian yang dilakukan melalui PTK dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus I sampai siklus III menunjukkan bahwa dengan kreativitas guru dalam mengelola kelas dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi peningkatan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lemahbang Kecamatan Jumapolo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8743
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8743 https://eprints.ums.ac.id/8743/ VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO WIYANTI , SRI L Education (General) Latar belakang skripsi ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV jika dilaksanakan variasi pengelolaan kelas yang baik yang mampu mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Tiap satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data secara deskriptif dan kualitaif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah prosentase tingkat kreativitas guru dalam mengelola kelas adalah 37 % pada siklus I, 66 % pada siklus II, dan 84 % pada siklus III. Prosentase motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran 30 % pada siklus I, 61 % pada siklus II dan 77 % pada siklus III. Dari nilai rata-rata kemampuan siswa sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 45,5. Nilai rata-rata siswa setelah dilakukan tindakan adalah 57,4 pada siklus I, 68,6 pada siklus II dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 78,5. Berdasarka hasil penelitian yang dilakukan melalui PTK dapat disimpulkan bahwa tindakan pada siklus I sampai siklus III menunjukkan bahwa dengan kreativitas guru dalam mengelola kelas dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi peningkatan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lemahbang Kecamatan Jumapolo. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8743/1/A510070461.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8743/2/A510070461.pdf WIYANTI , SRI (2010) VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070461
spellingShingle L Education (General)
WIYANTI , SRI
VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title_full VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title_fullStr VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title_full_unstemmed VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title_short VARIASI PENATAAN KELAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 02 LEMAHBANG KECAMATAN JUMAPOLO
title_sort variasi penataan kelas dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas iv sd n 02 lemahbang kecamatan jumapolo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8743/
work_keys_str_mv AT wiyantisri variasipenataankelasdalamupayameningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranipskelasivsdn02lemahbangkecamatanjumapolo