PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro yang berjumlah 31 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu p...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: MARGIYONO, MARGIYONO
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8739/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804994645045805056
author MARGIYONO, MARGIYONO
author_facet MARGIYONO, MARGIYONO
author_sort MARGIYONO, MARGIYONO
collection ePrints
description Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro yang berjumlah 31 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “Penggunaan alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep operasi hitung pecahan bagi siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro tahun 2009/2010 ”. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 54 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 79 % berkategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 64,5 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 83,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 93,5 %, KKM. 60 terpenuhi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipuro semester I Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 dengan peningkatan hasil belajar yang cukup menggembirakan serta memacu guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan alat peraga pembelajar
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8739
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8739 https://eprints.ums.ac.id/8739/ PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 MARGIYONO, MARGIYONO L Education (General) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro yang berjumlah 31 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “Penggunaan alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep operasi hitung pecahan bagi siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro tahun 2009/2010 ”. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 54 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 79 % berkategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 64,5 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 83,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 93,5 %, KKM. 60 terpenuhi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipuro semester I Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 dengan peningkatan hasil belajar yang cukup menggembirakan serta memacu guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan alat peraga pembelajar 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8739/1/A510070451.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8739/2/A510070451.pdf MARGIYONO, MARGIYONO (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070451
spellingShingle L Education (General)
MARGIYONO, MARGIYONO
PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort penggunaan alat peraga blok pecahan untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan operasi hitung dalam konsep pecahan pada siswa kelas iv sd negeri 01 jatipuro kecamatan jatipuro tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8739/
work_keys_str_mv AT margiyonomargiyono penggunaanalatperagablokpecahanuntukmeningkatkanpemahamandanpenguasaanoperasihitungdalamkonseppecahanpadasiswakelasivsdnegeri01jatipurokecamatanjatipurotahunpelajaran20092010