PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2010
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/8738/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
_version_ | 1804994594569453568 |
---|---|
author | PUJIYATI , PUJIYATI |
author_facet | PUJIYATI , PUJIYATI |
author_sort | PUJIYATI , PUJIYATI |
collection | ePrints |
description | Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas II yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo yang berjumlah 19 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran satuan berat melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas III semester I SDN 01 Jatiroyo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 67,5 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 95 % berkategori baik. Dan nilai tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 52,6 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 78,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 94,7 %, KKM. 60 terpenuhi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pengukuran satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo tahun pelajaran 2009/2010. Penerapan pendekatan tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa meningkat. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8738 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8738 https://eprints.ums.ac.id/8738/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PUJIYATI , PUJIYATI L Education (General) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas II yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo yang berjumlah 19 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran satuan berat melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas III semester I SDN 01 Jatiroyo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 67,5 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 95 % berkategori baik. Dan nilai tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 52,6 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 78,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 94,7 %, KKM. 60 terpenuhi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pengukuran satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo tahun pelajaran 2009/2010. Penerapan pendekatan tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa meningkat. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8738/1/A510070449.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8738/2/A510070449.pdf PUJIYATI , PUJIYATI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A510070449 |
spellingShingle | L Education (General) PUJIYATI , PUJIYATI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN
PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran satuan berat melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas iii semester i sdn 01 jatiroyo kecamatan jatipuro tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8738/ |
work_keys_str_mv | AT pujiyatipujiyati peningkatanhasilbelajarmatematikapokokbahasanpengukuransatuanberatmelaluipendekatantutorsebayapadasiswakelasiiisemesterisdn01jatiroyokecamatanjatipurotahunpelajaran20092010 |