PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SATUAN BERAT MELALUI PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SDN 01 JATIROYO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIYATI , PUJIYATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8738/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode tutor sebaya sangat tepat dalam membantu siswa memecahkan masalah. Hal tersebut, menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas II yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo yang berjumlah 19 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: Pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran satuan berat melalui pendekatan tutor sebaya pada siswa kelas III semester I SDN 01 Jatiroyo kecamatan Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 67,5 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 95 % berkategori baik. Dan nilai tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 52,6 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 78,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 94,7 %, KKM. 60 terpenuhi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pengukuran satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 01 Jatiroyo tahun pelajaran 2009/2010. Penerapan pendekatan tutor sebaya memberikan manfaat bagi peningkatan pemahaman siswa dalam kualitas pembelajaran, misalnya : keberanian siswa untuk bertanya atau menyampaikan ide/pendapat meningkat, siswa terpusat pada pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa meningkat.