PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan p...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English |
Vydáno: |
2010
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/8733/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804116561219289088 |
---|---|
author | SHOFA, MILA FAILA |
author_facet | SHOFA, MILA FAILA |
author_sort | SHOFA, MILA FAILA |
collection | ePrints |
description | Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %, dan siklus III mencapai 84,73 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa Inggris anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8733 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8733 https://eprints.ums.ac.id/8733/ PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) SHOFA, MILA FAILA L Education (General) Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %, dan siklus III mencapai 84,73 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa Inggris anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8733/1/A520085046.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8733/2/A520085046.pdf SHOFA, MILA FAILA (2010) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085046 |
spellingShingle | L Education (General) SHOFA, MILA FAILA PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title | PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title_full | PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title_fullStr | PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title_full_unstemmed | PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title_short | PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) |
title_sort | pemanfaatan media audio visual sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan bahasa inggris anak usia dini sebuah penelitian tindakan kelas di kb dan tkit mutiara hati klaten |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8733/ |
work_keys_str_mv | AT shofamilafaila pemanfaatanmediaaudiovisualsebagaiupayauntukmeningkatkanpenguasaanbahasainggrisanakusiadinisebuahpenelitiantindakankelasdikbdantkitmutiarahatiklaten |