PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)

Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan p...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: SHOFA, MILA FAILA
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8733/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804116561219289088
author SHOFA, MILA FAILA
author_facet SHOFA, MILA FAILA
author_sort SHOFA, MILA FAILA
collection ePrints
description Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %, dan siklus III mencapai 84,73 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa Inggris anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8733
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8733 https://eprints.ums.ac.id/8733/ PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten) SHOFA, MILA FAILA L Education (General) Penguasaan bahasa Inggris anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini adalah dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual, yakni sebelum tindakan 40,62 %, siklus I mencapai 68,12 %, siklus II mencapai 81,64 %, dan siklus III mencapai 84,73 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan penguasaan bahasa Inggris anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris anak usia dini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8733/1/A520085046.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8733/2/A520085046.pdf SHOFA, MILA FAILA (2010) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085046
spellingShingle L Education (General)
SHOFA, MILA FAILA
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title_full PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title_fullStr PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title_full_unstemmed PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title_short PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TKIT Mutiara Hati Klaten)
title_sort pemanfaatan media audio visual sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan bahasa inggris anak usia dini sebuah penelitian tindakan kelas di kb dan tkit mutiara hati klaten
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8733/
work_keys_str_mv AT shofamilafaila pemanfaatanmediaaudiovisualsebagaiupayauntukmeningkatkanpenguasaanbahasainggrisanakusiadinisebuahpenelitiantindakankelasdikbdantkitmutiarahatiklaten