KINERJA GURU TERHADAP PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK PERTIWI I TOYOGO TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kinerja guru dan respon siswa terhadap penggunaan metode bermain dalam proses pembelajaran di TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Data dalam penelitian ini d...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: RAHAYU, RETNO MULAT NGESTI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/8732/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kinerja guru dan respon siswa terhadap penggunaan metode bermain dalam proses pembelajaran di TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa TK Pertiwi 1 Toyogo tahun ajaran 2009/2010. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) TK Pertiwi 1 Toyogo sudah menerapkan metode bermain dalam proses pembelajaran, kegiatan tersebut anatara lain kegiatan dengan kartu nomor, gerakan motorik dengan iringan nyanyian ”kepala pundak”, menceritakan gambar seri ”kegunaan udara”, eksperimen meniup balon karet, membuat bentuk geometri dengan bergandengan tangan, jalan sehat dan mengamati lingkungan sekitar. (2) repon anak antusias dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru, walau masih ada anak yang tidak mau ikut serta dalam kegiatan dapat diatasi dengan bimbingan dan motivasi dari guru.