UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas Di TK PGRI Celep I Sragen Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen yang berjumlah 16 orang anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI , NUR DYAH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8731/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan bercerita pada siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas B TK PGRI Celep I Sragen yang berjumlah 16 orang anak. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolabolator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa secara berarti dalam pembelajaran melalui kegiatan bercerita. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa yang meliputi dua indikator yakni mengerti dan mengungkapkan gambar serta hasil gambar anak. Sebelum adanya tindakan nilai kreativitas rata-rata kelas berada pada angka 1.54 yang berarti kurang, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 2.46 yang berarti cukup, pada siklus II meningkat menjadi 3.5 yang berarti baik, dan di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi 3.63 yang berarti baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan bercerita dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kreativitas anak.