PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YANNI, YANNI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8730/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116560424468480
author YANNI, YANNI
author_facet YANNI, YANNI
author_sort YANNI, YANNI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas B TK Mawar, Nganti, Gemolong, Sragen sejumlah 29 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas B dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran di laksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan bermain peran pada setiap tindakan selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan perkembangan sosial anak yang meliputi keaktifan anak dalam bermain dengan anak lain mencapai 75,80%, kerja sama anak mencapai 75,80%, kemampuan anak dalam melaksanakan tugas kelompok mencapai 68,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8730
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8730 https://eprints.ums.ac.id/8730/ PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010 YANNI, YANNI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas B TK Mawar, Nganti, Gemolong, Sragen sejumlah 29 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas B dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran di laksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan bermain peran pada setiap tindakan selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan perkembangan sosial anak yang meliputi keaktifan anak dalam bermain dengan anak lain mencapai 75,80%, kerja sama anak mencapai 75,80%, kemampuan anak dalam melaksanakan tugas kelompok mencapai 68,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8730/1/A520085025.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8730/2/A520085025.pdf YANNI, YANNI (2010) PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085025
spellingShingle L Education (General)
YANNI, YANNI
PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan perkembangan sosial anak usia dini melalui metode bermain peran di tk mawar nganti gemolong tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8730/
work_keys_str_mv AT yanniyanni peningkatanperkembangansosialanakusiadinimelaluimetodebermainperanditkmawarngantigemolongtahunajaran20092010