PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK MAWAR NGANTI GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan d...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: YANNI, YANNI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/8730/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas B TK Mawar Nganti sebagai subyek pemberi tindakan, Kepala Sekolah sebagai subyek yangmembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas B TK Mawar, Nganti, Gemolong, Sragen sejumlah 29 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas B dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran di laksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan bermain peran pada setiap tindakan selama tiga putaran. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan perkembangan sosial anak yang meliputi keaktifan anak dalam bermain dengan anak lain mencapai 75,80%, kerja sama anak mencapai 75,80%, kemampuan anak dalam melaksanakan tugas kelompok mencapai 68,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial anak.