PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI METODE IQR0'(Studi Kasus di TK Pertiwi Karangtalun 1 Sragen Kelas B 2 Tahun Ajaran 2009 / 2010)

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan kemampuan membaca yang dulunya menggunakan metode mengeja hasilnya kurang memuaskan diganti dengan pengembangan kemampuan membaca melalui metode Igro' yang hasilnya sangat memuaskan. Anak sangat aktif dalam pembelajaran memba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERNAWATI, PEPTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8724/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan kemampuan membaca yang dulunya menggunakan metode mengeja hasilnya kurang memuaskan diganti dengan pengembangan kemampuan membaca melalui metode Igro' yang hasilnya sangat memuaskan. Anak sangat aktif dalam pembelajaran membaca dengan melalui metode Igro'. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengembangan pembelajaran membaca melalui metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Sragen dan untuk mengetahui respon anak dalam pembelajaran membaca melalui metode Igro' siswa di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan kemampuan membaca melalui metode Igro' untuk mendiskripsikan impementasi pengembangan kemampuan membaca melalui metode Igro' dan mengaskripsikan respon anak dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan menggunakan tahap deskripsi, analisis, interpretasi, evaluasi, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa implementasi pengembangan kemampuan membaca dengan menggunakan metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Sragen dilakukan melalui 3 cara yaitu melalui pengenalan suku kata langsung ditulis di papan tulis, melalui permainan menebak kartu kata atau huruf, melalui membaca buku aisem Anak Islam Suka Membaca dan respon anak dalam pengembangan kemampuan membaca anak sangat bersemangat, sangat aktif dan sesuai dengan kemampuan atau minat anak.