UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok pada pokok bahasan membentuk Gapura, Rumah, dan Menara. Penerima tindakan adalah siswa kelas A TK pelangi Nusa Klaten, yang berjumlah 11 anak. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilak...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: KURNIATI , NURUL VIVIK
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/8722/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804994644218478592
author KURNIATI , NURUL VIVIK
author_facet KURNIATI , NURUL VIVIK
author_sort KURNIATI , NURUL VIVIK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok pada pokok bahasan membentuk Gapura, Rumah, dan Menara. Penerima tindakan adalah siswa kelas A TK pelangi Nusa Klaten, yang berjumlah 11 anak. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan siswa melalui permainan balok. Peningkatan kreativitas siswa dalam : a) kreativitas memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I (26,66%) 4 anak, putaran II (40%) 6 anak, putaran III 23,33% ( 11 anak ), b) kreativitas menanggapi secara positif dorongan guru, sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), c) kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), d) kreativitas mengemukakan ide sebelum putaran 13,33% (2 anak), putaran I 26,66% (4 anak), putaran II 46,66% (7 anak), putaran III 60% (9 anak), e) kreativitas keaktifan bertanya sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 73,33% (11 anak), f). kreativitas menyusun balok dengan baik sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 40% (6 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 80% (12 anak),
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8722
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8722 https://eprints.ums.ac.id/8722/ UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN KURNIATI , NURUL VIVIK L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok pada pokok bahasan membentuk Gapura, Rumah, dan Menara. Penerima tindakan adalah siswa kelas A TK pelangi Nusa Klaten, yang berjumlah 11 anak. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan siswa melalui permainan balok. Peningkatan kreativitas siswa dalam : a) kreativitas memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I (26,66%) 4 anak, putaran II (40%) 6 anak, putaran III 23,33% ( 11 anak ), b) kreativitas menanggapi secara positif dorongan guru, sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), c) kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), d) kreativitas mengemukakan ide sebelum putaran 13,33% (2 anak), putaran I 26,66% (4 anak), putaran II 46,66% (7 anak), putaran III 60% (9 anak), e) kreativitas keaktifan bertanya sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 73,33% (11 anak), f). kreativitas menyusun balok dengan baik sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 40% (6 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 80% (12 anak), 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8722/1/A520085012.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8722/2/A520085012.pdf KURNIATI , NURUL VIVIK (2010) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085012
spellingShingle L Education (General)
KURNIATI , NURUL VIVIK
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title_full UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title_short UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN
title_sort upaya meningkatkan kreativitas anak melalui permainan balok di tk pelangi nusa klaten
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8722/
work_keys_str_mv AT kurniatinurulvivik upayameningkatkankreativitasanakmelaluipermainanbalokditkpelanginusaklaten