UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK PELANGI NUSA KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok pada pokok bahasan membentuk Gapura, Rumah, dan Menara. Penerima tindakan adalah siswa kelas A TK pelangi Nusa Klaten, yang berjumlah 11 anak. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilak...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: KURNIATI , NURUL VIVIK
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8722/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok pada pokok bahasan membentuk Gapura, Rumah, dan Menara. Penerima tindakan adalah siswa kelas A TK pelangi Nusa Klaten, yang berjumlah 11 anak. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif komparatif dengan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan siswa melalui permainan balok. Peningkatan kreativitas siswa dalam : a) kreativitas memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I (26,66%) 4 anak, putaran II (40%) 6 anak, putaran III 23,33% ( 11 anak ), b) kreativitas menanggapi secara positif dorongan guru, sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), c) kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 40% (6 anak), putaran III 80% (12 anak), d) kreativitas mengemukakan ide sebelum putaran 13,33% (2 anak), putaran I 26,66% (4 anak), putaran II 46,66% (7 anak), putaran III 60% (9 anak), e) kreativitas keaktifan bertanya sebelum putaran 20% (3 anak), putaran I 33,33% (5 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 73,33% (11 anak), f). kreativitas menyusun balok dengan baik sebelum putaran 26,66% (4 anak), putaran I 40% (6 anak), putaran II 53,33% (8 anak), putaran III 80% (12 anak),