UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya keadaan anak yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di TK dengan bimbingan dari guru yang sesuai menghasilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak berkembang. Karena guru TK dihadapan anak sangat berwibawa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PANCARWATI, REZIKA ENDANG
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8721/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994594276900864
author PANCARWATI, REZIKA ENDANG
author_facet PANCARWATI, REZIKA ENDANG
author_sort PANCARWATI, REZIKA ENDANG
collection ePrints
description Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya keadaan anak yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di TK dengan bimbingan dari guru yang sesuai menghasilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak berkembang. Karena guru TK dihadapan anak sangat berwibawa, anak merasa diperhatikan dan dibesarkan hatinya sehingga anak berusaha untuk berkembang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membimbing kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui apa latar belakang guru melakukan bimbingan kemandirain di TK Dharma Wanita Doyong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui alasan guru dalam upaya membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita Doyong Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif termasuk dalam penelitian studi kasus untuk mengetahui secara mendalam tentang suatu gejala. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan tahap deskriptif, analisis, interpretasi, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita Dhoyong dengan kesabaran dan penuh kasih sayang mengetahui karakter yang dimiliki anak dengan memperhatikan pola pikir dan pemahaman anak, pelaksanaan bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran, pelaksanaannya terbatas, dilaksanakan pada masa bermain, melibatkan teman sebaya, melibatkan orang tua. Hasilnya anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8721
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8721 https://eprints.ums.ac.id/8721/ UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010) PANCARWATI, REZIKA ENDANG L Education (General) Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasanya keadaan anak yang kurang percaya diri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di TK dengan bimbingan dari guru yang sesuai menghasilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak berkembang. Karena guru TK dihadapan anak sangat berwibawa, anak merasa diperhatikan dan dibesarkan hatinya sehingga anak berusaha untuk berkembang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membimbing kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui apa latar belakang guru melakukan bimbingan kemandirain di TK Dharma Wanita Doyong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak dan mengetahui alasan guru dalam upaya membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita Doyong Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif termasuk dalam penelitian studi kasus untuk mengetahui secara mendalam tentang suatu gejala. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dengan teknik analisis data menggunakan tahap deskriptif, analisis, interpretasi, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam membimbing kemandirian anak Taman Kanak-Kanak di TK Dharma Wanita Dhoyong dengan kesabaran dan penuh kasih sayang mengetahui karakter yang dimiliki anak dengan memperhatikan pola pikir dan pemahaman anak, pelaksanaan bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran, pelaksanaannya terbatas, dilaksanakan pada masa bermain, melibatkan teman sebaya, melibatkan orang tua. Hasilnya anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa tergantung dengan orang lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8721/1/A520085008.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8721/2/A520085008.pdf PANCARWATI, REZIKA ENDANG (2010) UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520085008
spellingShingle L Education (General)
PANCARWATI, REZIKA ENDANG
UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title_full UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title_fullStr UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title_full_unstemmed UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title_short UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK DHARMA WANITA DOYONG KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010)
title_sort upaya guru dalam membimbing kemandirian anak taman kanak kanak studi kasus di tk dharma wanita doyong kecamatan miri kabupaten sragen tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8721/
work_keys_str_mv AT pancarwatirezikaendang upayagurudalammembimbingkemandiriananaktamankanakkanakstudikasusditkdharmawanitadoyongkecamatanmirikabupatensragentahunajaran20092010