UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYATI , UMI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8717/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116559377989632
author HIDAYATI , UMI
author_facet HIDAYATI , UMI
author_sort HIDAYATI , UMI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dan kepala sekolah TK Pranatami Kartasura sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas B2 TK Pranatami Kartasura yang berjumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis yang meliputi: (a) Perasaan senang siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (b) Perhatian siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (c) Kemauan siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (d) Konsentrasi siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (e) Kesadaran siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa (31,25%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8717
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8717 https://eprints.ums.ac.id/8717/ UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) HIDAYATI , UMI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dan kepala sekolah TK Pranatami Kartasura sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas B2 TK Pranatami Kartasura yang berjumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis yang meliputi: (a) Perasaan senang siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (b) Perhatian siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (c) Kemauan siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (d) Konsentrasi siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (e) Kesadaran siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa (31,25%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8717/1/A520080113.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8717/2/A520080113.pdf HIDAYATI , UMI (2010) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520080113
spellingShingle L Education (General)
HIDAYATI , UMI
UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title_full UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title_short UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
title_sort upaya peningkatan minat belajar menulis melalui permainan huruf punggung berantai ptk di kelas b2 tk pranatami kartasura
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8717/
work_keys_str_mv AT hidayatiumi upayapeningkatanminatbelajarmenulismelaluipermainanhurufpunggungberantaiptkdikelasb2tkpranatamikartasura