UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8717/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116559377989632 |
---|---|
author | HIDAYATI , UMI |
author_facet | HIDAYATI , UMI |
author_sort | HIDAYATI , UMI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dan kepala sekolah TK Pranatami Kartasura sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas B2 TK Pranatami Kartasura yang berjumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis yang meliputi: (a) Perasaan senang siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (b) Perhatian siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (c) Kemauan siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (d) Konsentrasi siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (e) Kesadaran siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa (31,25%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%).
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8717 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8717 https://eprints.ums.ac.id/8717/ UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) HIDAYATI , UMI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar menulis anak melalui permainan huruf punggung berantai. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dan kepala sekolah TK Pranatami Kartasura sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas B2 TK Pranatami Kartasura yang berjumlah 16 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan huruf punggung berantai dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar menulis yang meliputi: (a) Perasaan senang siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (b) Perhatian siswa pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (18,75%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%), (c) Kemauan siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (d) Konsentrasi siswa pada kondisi awal sebanyak 4 siswa (25%) pada akhir putaran sebanyak 10 siswa (62,5%), (e) Kesadaran siswa pada kondisi awal sebanyak 5 siswa (31,25%) pada akhir putaran sebanyak 11 siswa (68,75%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8717/1/A520080113.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8717/2/A520080113.pdf HIDAYATI , UMI (2010) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520080113 |
spellingShingle | L Education (General) HIDAYATI , UMI UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title_full | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title_short | UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MENULIS MELALUI PERMAINAN HURUF PUNGGUNG BERANTAI (PTK DI KELAS B2 TK PRANATAMI KARTASURA) |
title_sort | upaya peningkatan minat belajar menulis melalui permainan huruf punggung berantai ptk di kelas b2 tk pranatami kartasura |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8717/ |
work_keys_str_mv | AT hidayatiumi upayapeningkatanminatbelajarmenulismelaluipermainanhurufpunggungberantaiptkdikelasb2tkpranatamikartasura |