STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tentang perkembangan motorik anak antara yang dibimbing orang tua dengan yang tidak dibimbing orang tua di TK Plupuh 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi Penelitian ini adalah siswa TK Plupuh 2 ya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI, TRI HASTUTI PUJI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8716/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116559114797056
author LESTARI, TRI HASTUTI PUJI
author_facet LESTARI, TRI HASTUTI PUJI
author_sort LESTARI, TRI HASTUTI PUJI
collection ePrints
description Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tentang perkembangan motorik anak antara yang dibimbing orang tua dengan yang tidak dibimbing orang tua di TK Plupuh 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi Penelitian ini adalah siswa TK Plupuh 2 yang berjumlah 35 siswa. Sampel diambil dengan tehnik sampling total berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data tentang bimbingan orang tua oleh guru sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data siswa yang tidak mendapat bimbingan orang tua dan yang mendapat bimbingan orang tua serta dokumen tentang Siswa Kelompok B TK Plupuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan rumus uji t-test. Berdasarkan pengolahan data tersebut di atas, ternyata nilai t-observasi yang diperoleh lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, atau : (2,042 < 1 0,571 > 2,750), dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu: "Ada PerbandinganTentang Perkembangan Motorik Anak Antara Yang DiBimbing Orang Tua Dengan Yang Tidak Dibimbing Orang Tua Kelompok B Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010", terbukti kebenarannya. Berarti bahwa orang tua harus memperhatikan sekolah anaknya yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan menghargai segala usahanya. Tetapi orang tua juga harus menunjukkan kerjasamanya dalam mengarahkan cara anak belajar di rumah, membuat pekerjaan rumah, tidak disita waktu anak dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, orang tua harus berusaha memotivasi dan membimbing anak dalam belajar. Karena peran orang tua bagi pendidikan anaknya adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup beragama. Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluarga yang lain. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi apabila guru menemui anak yang mempunyai masalah dengan perkembangan motoriknya sehingga dapat membantu mengatasinya. Keberhasilan anak dalam proses belajar mengajar di sekolah tidak dapat begitu saja diserahkan kepada gurunya namun orang tua lebih mempunyai pengaruh yang besar dalam mendidik anaknya. Dengan adanya perhatian orang tua yang berbeda-beda, maka cara memberikan pendidikan terhadap anak yang sedang berkembang menjadi berbeda pula. Anak yang duduk di bangku sekolah itu memerlukan perhatian yang lebih besar. Oleh karena itu perhatian orang tua sangat menentukan perkembangan anak dalam mengikuti pelajaran di
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8716
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8716 https://eprints.ums.ac.id/8716/ STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 LESTARI, TRI HASTUTI PUJI L Education (General) Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tentang perkembangan motorik anak antara yang dibimbing orang tua dengan yang tidak dibimbing orang tua di TK Plupuh 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi Penelitian ini adalah siswa TK Plupuh 2 yang berjumlah 35 siswa. Sampel diambil dengan tehnik sampling total berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data tentang bimbingan orang tua oleh guru sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data siswa yang tidak mendapat bimbingan orang tua dan yang mendapat bimbingan orang tua serta dokumen tentang Siswa Kelompok B TK Plupuh 2 Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan rumus uji t-test. Berdasarkan pengolahan data tersebut di atas, ternyata nilai t-observasi yang diperoleh lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, atau : (2,042 < 1 0,571 > 2,750), dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu: "Ada PerbandinganTentang Perkembangan Motorik Anak Antara Yang DiBimbing Orang Tua Dengan Yang Tidak Dibimbing Orang Tua Kelompok B Plupuh Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010", terbukti kebenarannya. Berarti bahwa orang tua harus memperhatikan sekolah anaknya yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan menghargai segala usahanya. Tetapi orang tua juga harus menunjukkan kerjasamanya dalam mengarahkan cara anak belajar di rumah, membuat pekerjaan rumah, tidak disita waktu anak dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, orang tua harus berusaha memotivasi dan membimbing anak dalam belajar. Karena peran orang tua bagi pendidikan anaknya adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup beragama. Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluarga yang lain. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi apabila guru menemui anak yang mempunyai masalah dengan perkembangan motoriknya sehingga dapat membantu mengatasinya. Keberhasilan anak dalam proses belajar mengajar di sekolah tidak dapat begitu saja diserahkan kepada gurunya namun orang tua lebih mempunyai pengaruh yang besar dalam mendidik anaknya. Dengan adanya perhatian orang tua yang berbeda-beda, maka cara memberikan pendidikan terhadap anak yang sedang berkembang menjadi berbeda pula. Anak yang duduk di bangku sekolah itu memerlukan perhatian yang lebih besar. Oleh karena itu perhatian orang tua sangat menentukan perkembangan anak dalam mengikuti pelajaran di 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8716/1/A520080111.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8716/2/A520080111.pdf LESTARI, TRI HASTUTI PUJI (2010) STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520080111
spellingShingle L Education (General)
LESTARI, TRI HASTUTI PUJI
STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short STUDI PERBANDINGAN TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK ANTARA YANG DIBIMBING ORANG TUA DENGAN YANG TIDAK DIBIMBING ORANG TUA KELOMPOK B TK PLUPUH 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort studi perbandingan tentang perkembangan motorik anak antara yang dibimbing orang tua dengan yang tidak dibimbing orang tua kelompok b tk plupuh 2 kabupaten sragen tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8716/
work_keys_str_mv AT lestaritrihastutipuji studiperbandingantentangperkembanganmotorikanakantarayangdibimbingorangtuadenganyangtidakdibimbingorangtuakelompokbtkplupuh2kabupatensragentahunpelajaran20092010