PENINGKATAN PENALARAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN DONGENG PEWAYANGAN PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA KLEWOR KEMUSU BOYOLALI

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pemberian dongeng pewayangan dapat meningkatkan penalaran moral. Dapat diketahui pada prosentase anak saat mendengarkan dongeng dan aspek-aspek penalaran moral yang dapat meningkatkan penalaran moral. Subyek penelitian ini adalah guru TK B bekerja sama de...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PERMATANINGRUM , DESY LIA
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8715/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa pemberian dongeng pewayangan dapat meningkatkan penalaran moral. Dapat diketahui pada prosentase anak saat mendengarkan dongeng dan aspek-aspek penalaran moral yang dapat meningkatkan penalaran moral. Subyek penelitian ini adalah guru TK B bekerja sama dengan peneliti yang melaksanakan tindakan kelas dan obyek penelitian adalah anak TK Dharma Wanita Klewor kelompok B sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga diperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode alur yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hal-hal yang ditingkatkan dalam penelitian ini meliputi aspek-aspek : menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan, berani bertanya secara sederhana, dan mau mengemukakan pendapat secara sederhana. 1) menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan 88,46% atau 23 anak, 2) berani bertanya secara sederhana 73,08% atau 19 anak, 3) mau mengemukakan pendapat secara sederhana 76,92% atau 20 anak